Jumat, 12 Februari 2010

" VALENTINE'S DAY DI JEPANG"

Ada cerita tentang "Valentine's Day" di Jepang.

Kebiasaan bervalentine day di Jepang sudah membudaya dan setiap tanggal 14 Pebruari dirayakan bagai perayaan wajib, terlebih oleh anak-anak muda di sana. Kebiasaan yang selalu di lakukan oleh masyarakat Jepang ini sangat khas, mempunyai ciri tersendiri dan agak berbeda bila dibandingkan hari Valentine Day di negara lain.


Perbedaan itu antara lain.

Biasanya, pada hari ini yang memberikan kado hanya perempuan .Orang yang menerima kado membalas memberikan kado pada tanggal 14 Maret ( White Day).

Orang yang diberi kado tidak harus kekasih atau suami, misalnya, rekan sekantor, atasan atau teman laki-laki.

Umumnya kado yang diberikan adalah coklat.

Dari kebiasaan dan budaya bervalentine day di Jepang ini, banyak hal positif yang diraih bagi masyarakat Jepang.Khususnya bagi produsen coklat.Sedangkan bagi orang yang bersangkutan dengan bervalentine day (memberi coklat sebagai kado kepada seseorang) akan memberi kesempatan bagi perempuan untuk menyatakan perasaannya kepada laki-laki.

Kemudian, sebagai sarana untuk mengungkapkan rasa terima kasih bukan hanya kepada teman laki-laki atau kekasih saja tapi kepada orang yang biasa direpotkan.

Ada nama khusus untuk coklat yang diberikan saat valentine day diantaranya :

Coklat yang diberikan kepada laki-laki yang paling spesial disebut "honmei choco" dan untuk laki-laki lainnya disebut"giri choco".

Akhir-akhir ini mulai muncul istilah yang lain, misalnya, coklat yang diberikan kepada teman perempuan disebut"tomo choco" dan coklat untuk dimakan sendiri disebut"my choco".

Ini hanya sepenggal cerita tentang kebiasaan yang dilakukan oleh orangi Jepang yang mungkin bisa menjadi budaya karena dilakukan setiap tahun pada tanggal dan bulan yang sama. Sampai muncul berbagai penamaan untuk coklat sebagai media memberikan perhatiaan kepada orang yang dimaksud.

Apakah di Indonesia juga berlaku, saling memberi sesuatu di tanggal 14 Pebruari ?

Masing - masing orang mempunyai

cara dan media yang berbeda-beda untuk memberi sesuatu dan mengungkapkan rasa terima kasih kepada sesama.Bukan kah begitu?

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar...